Minggu, 11 Mei 2014

SISTEM TENAGA LISTRIK DISTRIBUSI

SISTEM TENAGA LISTRIK DISTRIBUSI

Sistem Tenaga Listrik Distribusi ini Dimulai dari Trafo Sekunder Gardu Induk sampai dengan APP (Alat Pengukur Dan Pembatas) Pelanggan Listrik PLN.

Ada Beberapa bentuk Sistem Tenaga Listrik Distribusi, yaitu :

Sistem Radial
Merupakan jaringan sistem distribusi primer yang sederhana dan murah biaya investasinya. Pada jaringan ini arus yang paling besar adalah yang paling dekat dengan Gardu Induk. Tipe ini dalam penyaluran energi listrik kurang handal karena bila terjadi gangguan pada penyulang maka akan menyebabkab terjadinya pemadaman pada penyulang tersebut.

Secara Sederhana Sistem Radial Mempunyai Kelebihan dan Kekurangan :
Kelebihan :
- Lebih Murah Biaya Investasinya
- Lebih Sederhana Pengendalian dan Sistemnya

Kekurangan :
- Kualitas Listrik Kurang Baik
- Jika Mengalami gangguan pada satu titik maka titik yang lain tidak akan teraliri listrik





Sistem Ring/Loop
Tipe ini merupakan jaringan distribusi primer, gabungan dari dua tipe jaringan radial dimana ujung kedua jaringan dipasang PMT. Pada keadaan normal tipe ini bekerja secara radial dan pada saat terjadi gangguan PMT dapat dioperasikan sehingga gangguan dapat terlokalisir. Tipe ini lebih handal dalam penyaluran tenaga listrik dibandingkan tipe radial namun biaya investasi lebih mahal.

Secara Sederhana Sistem Loop Mempunyai Kelebihan dan Kekurangan :
Kelebihan :
- Kualitas Listrik Lebih Baik/Handal.
- Jika Mengalami gangguan pada satu titik maka titik yang lain dapat di Aliri listrik dari PMT yang Lain.

Kekurangan :
- Lebih Mahal  Biaya Investasinya.
- Lebih Rumit Pengendalian dan Sistemnya.





Sistem Spindle
Jaringan ini merupakan jaringan distribusi primer gabungan dari struktur radial yang ujung-ujungnya dapat disatukan pada gardu hubungdan terdapat penyulang ekspres. Penyulang ekspres (express feeder) ini harus selalu dalam keadaan bertegangan, dan siap terus menerus untuk menjamin bekerjanya system dalam menyalurkan energi listrik ke beban pada saat terjadi gangguan atau pemeliharaan. Dalam keadaan normal tipe ini beroperasi secara radial.





Sistem Mesh
Struktur jaringan distribusi primer ini dibentuk dari beberapa Gardu Induk yang saling dihubungkan sehingga daya beban disuplai oleh lebih dari satu gardu Induk dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya, tipe ini lebih handal dan biaya investasi lebih mahal.




Referensi : Ilmulistrik.com

1 komentar: